>Tips dan Trik Bahasa Inggris STAN: Reading (bagian pertama)

>

Reading comprehension Bahasa Inggris STAN digunakan untuk mengukur kemempuan peserta ujian saringan masuk (USM STAN) dalam memahami teks tertulis dalam bahasa inggris. Bagian ini mengujikan setidaknya 2 atau 3 bacaan, dimana masing-masing bacaan biasanya terdiri dari 4 sampai 5 pertanyaan. Bagian ini hanya mengujikan teks bacaan saja, tanpa gambar, diagram, atau alat Bantu visual lainnya.

Tema bacaan yang diujikan dalam bagian ini cukup bervariasi, namun secara umum berkaitan dengan materi misalnya, sejarah, sastra, seni, arsitektur, geologi, biologi, kesehatan, astronomi, geografi, dan seterusnya.

Permasalahan yang biasa dihadapi oleh peserta tes USM STAN adalah batasan waktu yang singkat. Banyak peserta tes yang tidak bias menyelesaikan semua pertanyaan ketika waktu yang disediakan telah habis. Untuk itu berbagai kemampuan yang dibutuhkan dalam reading harus anda kuasai sebelum benar-benar menjalankan ujian USM STAN. Sekalipun demikian, Anda masih berpeluang untuk mendapatkan skor USM STAN yang lebih tinggi apabila menguasai trik-trik taktis. Berikut disajikan beberapa kunci yang bisa membantu anda berkompetisi dengan waktu yang ketat sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.


A. KUNCI UMUM


Kunci 1: Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.

Harus diingat bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk membaca teks bacaan secara mendalam. Pertanyaan yang muncul dalam tes reading ini umumnya dpat dijawab secara tepat dengan tanpa langsung membaca bacaan secara rinci. Anda dapat mengalokasikan satu atau dua menit untuk membaca main idea pada masing-masing paragraph dari sebuah bacaan sebelum mulai membaca pertanyaan. Dengan demikian anda sudah mendapatkan gambaran sekilas tentang informasi yang disampaikan oleh bacaan.


Kunci 2 : Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaaan dan ingat-ingat kata kuncinya

Setelah membaca sekilas main idea masing-masing paragraph, selanjutnya anda harus segera membaca pertanyaan pada soal-soal yang terdapat pada bacaan tersebut. Rekamlah kata-kata kunci pada masing-masing pertanyaan pada pikiran anda sehingga anda dapat mencari jawabannya pada bacaan dengan sekali tempo untuk beberapa pertanyaan. Anda juga dapat memeberi tanda pada kata kunci di lembar soal, karena anda tidak dilarang memberikan coretan. Cara ini sangat efektif untuk menghemat waktu, sehingga pandangan anda tidak bolak-balik antara teks bacaan dengan pertanyaaan.


Kunci 3 : Jangan panic apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin yang anda kuasai.

Ujian USM STAN sudah didesain sedemikian rupa sehingga peserta ujian tidak dipersyaratkan untuk menguasai tema-tema dari disiplin ilmu tertentu. Semua informasi yang ditanyakan sudah tersedia dalam teks bacaan. Sehingga apapun latar belakang keilmuan yang anda kuasai anda akan tetap dapat menjawab soal-soal pada bacaan yang sama sekali berbeda dari disiplin anda.

(bersambung…..)



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s